Studi Banding ke Pasca UMY, Umpo Siap Buka Prodi Baru Magister Ilmu Pemerintahan

Selasa, 6 Juli 2019 Pascasarjana Unmuh Ponorogo (Pasca Umpo) berkunjung ke Program Magister Ilmu Pemerintahan Pascasarjana Unmuh Yogyakarta (Pasca UMY), kunjungan ini dalam rangka studi banding persiapan Pasca Umpo membuka program studi baru yakni program Magister Ilmu Pemerintahan (MIP), diputuskannya rencana pemilihan membuka prodi ini berdasarkan hasil evaluasi mendalam dan waktu yang panjang dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) serta Badan Perencana dan Pengembangan Institusi (BPPI).

Umpo mengirim delegasinya 5 orang perwakilan dari 3 satuan kerja (satker): perwakilan dari Pasca Umpo sendiri utusan 2 orang Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I (Dosen Pascasarjana) & Anip Dwi Saputro, M.Pd (Kaprodi Magister PAI) dan perwakilan dari FISIP Umpo 2 orang Dr. (cand) Dian Suluh Kusuma Dewi, S.Sos, M.AP & Irfan, M.IP serta perwakilan dari BPPI Umpo Dr. Ferry Irawan Febriansyah, SH, M.Hum.

Kedatangan rombongan utusan Umpo disambut oleh Ketua Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan, Dr. Dian Eka Rahmawati, S.IP., M.Si, Sekretaris Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan, Erni ZUhriyati, S.S., S.IP., MA, Ketua dan Sekretaris Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan, Dr. Muchamad Zaenuri, M.Si, Muhammad Eko Atmojo, S.IP., M.IP, dan Dosen Pencetus program Magister Ilmu Pemerintahan Dr. Ulung Pribadi, M.Si.

Dr. Muchamad Zaenuri yang mengawali dalam sambutannya menyampaikan “Ucapan selamat datang dan sesama saudara kandung yang lahir dari rahim Muhammadiyah harus saling menguatkan dan bersinergi” ucapnya secara hangat.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I menyampaikan “Tujuan kunjungan ini utamanya silaturrahim antar Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), dan kita berharap ada komunikasi dan kerjasama yang terjalin untuk kedepan. Kami memerlukan masukan terutama mengenai kurikulum, pengelolaan program studi serta tentang pengaktifan program studi baru di S2. Semoga kami memperoleh berbagai pertimbangan terkait tiga hal tersebut.” kata Afiful.

Dr. Ulung sebagai pencetus program Magister Ilmu Pemerintahan di UMY menambahkan “Ada dua hal terpenting yang harus diperhatikan dalam mendirikan program studi baru, pertama adalah Sumber Daya Manusia (SDM) Dosennya, yang kedua adalah mahasiswa atau calon mahasiswanya, bagaimana prodi baru yang belum terakreditasi mendapatkan mahasiswa? cara kami dulu membujuk para alumni S1 sini untuk mendaftar menjadi mahasiswa MIP, selain juga menghubungi link yang telah bekerjasama (MoU) di S1 atau di FISIPnya.” ujar Ulung.

Agenda studi banding ini kemudian ditutup dengan foto bersama dan bertukar cinderamata. -AI-